7 Cara MENGELUARKAN LENDIR DAHAK pada BAYI yang Efektif dan Alami


Jika Bunda perhatikan kondisi cuaca dan polusi di sekitar kita sekarang ini semakin tidak sehat saja. Kondisi ini membuat tubuh rawan terserang penyakit, terutama batuk dan pilek.

Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan bila menyerang si Kecil karena sang bayi biasanya kesulitan mengeluarkan dahak saat sedang flu.

Mengeluarkan dahak pada bayi 2 bulan

Ada beberapa cara efektif yang bisa diterapkan untuk mengeluarkan dahak pada bayi yang kami share di sini

1.    Gunakan alat penyedot khusus

Alat penyedot lender dan dahak ini terbuat dari bahan karet yang lentur. Biasanya dijual di apotik-apotik.
Berikut cara pakainya : 
  • Peganglah balon alat penyedot tersebut. Keluarkan udara dalam balon terlebih dahulu.
  • Masukkan ujung alat penyedot ke dalam mulut atau hidung secara perlahan dan lepaskan ibu jari yang sebelumnya menekan dasar balon untuk mengeluarkan udara, sehingga dahak dalam mulut atau lendir dalam hidung bayi tersedot.
  • Jika balon alat penghisap tidak mengembang kembali, biasanya ujung alat tersumbat oleh dahak atau lendir yang kental.
  • Buang dahak yang tersedot ke dalam alat dengan menekan balon alat penyedot dan bersihkan sampai semua dahak keluar dari balon.
  • Jika dahak bayi terlalu kental, teteskan 2-3 larutan air garam atau larutan saline yang siap pakai ke dalam hidung bayi sebelum memasukkan ujung alat penyedot ke dalam hidungnya.
Namun perlu diingat ya Bunda, saat membersihkan dahak atau lendir dengan alat penyedot ini, beri jeda setiap 2 kali penyedotan agar bayi dapat beristirahat. Batasi penyedotan hingga 2-3 sehari agar hidung bayi tidak menjadi lecet dan kering.

2.    Menepuk punggung bayi

Membantu sang bayi mengeluarkan dahak juga bisa dilakukan dengan cara menepuk-nepuk punggung si Kecil yang berada dalam posisi tengkurap.

Cara mengeluarkan lendir dahak pada bayi

Caranya sangat mudah, yaitu :
  • Posisikan bayi dalam keadaan tengkurap dengan posisi kepala sedikit lebih rendah dari tubuhnya, agar dahak yang encer dapat turun dan keluar dari tenggorokan.
  • Tepuk punggung kanan dan kiri bayi secara perlahan dengan telapak tangan Bunda yang melengkung seperti mangkuk sehingga berbunyi “pup puk puk”.
  • Letakkan bayi pada posisi miring kiri atau kanan
  • Tepuk bagian dada samping bayi dengan lembut pula
  • Jika dahak atau lendir yang ada dalam tubuh si Kecil cukup banyak, biasanya setelah ditepuk-tepuk bagian punggung dan dada sampingnya si Kecil akan memuntahkan dahak yang ada di dalam tubuhnya tersebut. Namun bisa juga dahak sudah mengencer dan luruh masuk ke dalam saluran pencernaan. Dengan demikian dahak bisa terbuang melalui kotoran si Kecil.

Penting untuk diingat, bahwa tindakan ini harus dilakukan sebelum bayi minum ASI atau susu formula, untuk menghindari risiko tersedak. Mengingat susu yang sudah diminum si Kecil juga dimuntahkan kembali bersama dahak.

3.    Jemur bayi di bawah matahari pagi

Saat saluran pernapasan bayi tidak lancar karena dahak, si Kecil bisa dijemur di bawah sinar matahari pagi karena selain bagus untuk kesehatan tulang, sinar matahari pagi juga sangat bagus untuk kesehatan pernafasan.
Sinar hangat matahari pagi dari jam 07.00 - 08.00 akan diserap tubuh oleh si Kecil dan dapat mengencerkan dahak sehingga Bunda lebih mudah mengeluarkannya.
Berikut ini metodenya:
  • Jemurlah bayi di bawah sinar matahari pagi antara pukul 7-8 selama 10 menit.
  • Tengkurapkan bayi di pangkuan Bunda dengan posisi kepala sedikit lebih rendah dari tubuhnya, agar dahak yang encer dapat turun dan keluar dari tenggorokan.
  • Tepuk-tepuk punggung bayi seperti cara no.2 di atas.
4.    Menidurkan bayi dengan posisi berbeda  

Apabila biasanya si Kecil saat tidur posisi kepalanya sejajar dengan badan, maka Bunda bisa mengubahnya. Beri bantal pada kepalanya agar posisi kepalanya lebih tinggi. Posisi tersebut membantu mengatasi hidung tersumbat dan mengeluarkan dahak di saluran pernasafan si Kecil.

Selain itu Bunda bisa juga memposisikan bayi dengan posisi tengkurap saat tidur, sehingga membantu mengeluarkan dahaknya.  Namun Bunda harus memastikan jika posisi tersebut tidak menutupi hidung atau menghalangi saluran pernafasannya.

5.    Memberi daun sirih hangat

Cara tradisional dan alami mengeluarkan dahak pada bayi lainnya adalah menggunakan daun sirih yang sudah terlebih dahulu dihangatkan. Caranya dengan menempatkannya di atas api sebentar hingga daun sirih tersebut layu.

Daun sirih dalam kondisi hangat setelah dipanaskan tersebut harus ditempelkan ke dada dan punggung si Kecil. Biarkan hangat dari daun sirih membantu mengencerkan dahak dan membuangnya melalui kotoran.

6.    Menghangatkan bayi

Dahak yang mengental di saluran pernafasannya sering membuat bayi mengalami gelisah. Suhu panas yang dihasilkan tubuhnya dapat membantu dalam mengencerkan dahak dan mengeluarkannya.

Oleh karena itu Bunda bisa memberinya minyak telon di dada, punggung dan lehernya. Namun perlu diperhatikan oleh Bunda bahwa beberapa bayi juga bisa mengalami alergi akibat minyak telon. 

Buat ruangan atau kamar bayi agar tetap hangat, bersih dan cukup steril dari debu untuk mencegah penumpukan dahaknya.

7.    Memberi uap air panas

Uap air panas bekerja mirip metode penguapan dengan nebulizer. Namun uap air panas tentu lebih alami dan tidak memakai obat kimia. Caranya pun sangat mudah dan murah.

Ini langkahnya: 
Mengeluarkan dahak pada bayi 6 bulan

  • Sediakan baskom atau mangkuk berisi air hangat, bisa dicampur dengan beberapa tetes minyak atsiri seperti minyak kayu putih murni atau Imuno Oil Aromatherapy.
  • Posisikan si Kecil dalam kondisi tengkurap dengan posisi kepala yang lebih rendah daripada tubuhnya.
  • Letakkan baskom tersebut di dekat kepala bayi sehingga ia bisa menghirup uap aromaterapi yang dihasilkan air hangat dalam baskom.
  • Bunda dapat menepuk-nepuk punggungnya guna membantunya mendorong dahak di saluran pernafasannya. Untuk caran menepuknya harus tepat ya Bunda… Silahkan lihat cara no.2 di atas.
  • Uap Aromaterapi akan cepat terhirup & menstimulasi kelenjar sehingga dahak akan mudah keluar saat bayi batuk ataupun bersin.

REKOMENDASI : 

Imuno Oil aromaterapi pengencer dahak bayi